Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Fundamental: Cara Belajar Investasi Saham

Saya sering menerima pertanyaan rekan2 yang ingin memulai investasi saham: "Pak bagaimana cara belajar investasi saham?" "Kalau mau mulai investasi saham, apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu?" 

Oleh karena itu, di pos ini, saya akan bahas langkah-langkah cara belajar investasi saham dan analisis apa saja yang perlu anda pelajari jika anda ingin mulai investasi saham. Berikut langkah2 cara belajar investasi saham:

1. Membuka akun di kantor sekuritas 

Baik trading maupun investasi saham, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka akun di sekuritas. Karena tanpa memiliki software trading online, anda tidak akan bisa melakukan aktivitas beli dan jual saham. 

Terkait cara membuka akun di sekuritas, sudah pernah saya bahas panduan lengkapnya termasuk membuka akun saham secara online di ebook saham gratis berikut: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Anda bisa download free ebook yang 33 halaman tersebut. 

Jika anda ingin gabung di sekuritas yang setor modal minimalnya kecil, anda bisa baca referensinya disini: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. 

2. Basic-basic analisis fundamental 

Langkah2 pertama belajar analisis fundamental adalah mempelajari basic analisis fundamental. Analisis fundamental digunakan agar anda bisa memilih perusahaan yang punya kinerja baik. Oleh karena itu, beberapa hal yang harus anda pelajari adalah: 

- Memahami sektor usaha 

Analisis sektoral berguna agar anda mengetahui sektor2 apa saja yang sedang bagus, sektor2 yang banyak diminati dan juga setkor2 yang kurang diminati. 

Di pasar saham, ada kurang lebih 10 sektor saham (sektor consumer goods, finance, mining, property & real estate) dan lain2. Setidaknya anda harus memahami dahulu sektor usaha tersebut, supaya anda bisa menganalisanya lebih dalam. 

- Membaca laporan keuangan perusahaan 

Dalam analisa fundamental, anda harus paham terlebih dahulu basic-basic membaca laporan keuangan. Laporan keuangan perusahaan go public terdiri dari: Laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. 

Laporan keuangan ini adalah salah satu analisis fundamental yang paling penting, karena dari laporan keuangan, anda bisa mengetahui kinerja dan potensi prospek perusahaan. Baca juga: Cara Membaca Laporan Keuangan Saham. 

- Membaca dan interpretasi rasio keuangan

Setelah anda memahami laporan keuangan, anda juga perlu memahami rasio-rasio keuangan. Rasio keuangan dapat memberikan gambaran tentang tren kinerja perusahan, struktur modal dan lain2. Angka dari rasio keuangan sendiri diambil angka2 pada laporan keuangan. 

- Mempelajari ekonomi makro

Kalau anda ingin investasi saham, jangan lupa untuk mempelajari ekonomi makro. Ekonomi makro seperti pertumbuhan ekonomi, kondisi politik, inflasi dan lain2 sangat penting, karena ekonomi makro yang bagus akan membuat investor berani membeli saham. 

Sehingga, saham2 yang punya fundamental baik, harganya akan bergerak naik dalam jangka panjang.

Pelajari juga materi2 dan belajar full analisis fundamental disini: Ebook Investasi Saham Pemula - Expert (352 halaman). 

3. Manajemen & diversifikasi modal 

Dalam investasi, pelajari manajemen modal dan diversifikasi untuk investasi. Kebanyakan investor saham tidak melakukan diversifikasi saham dengan baik, di mana investor pemula bisa membeli puluhan saham untuk investasi. 

Padahal strategi seperti ini tidaklah efektif. Manajemen modal dalam investasi harus anda pahami, agar anda bisa menggunakan modal dengan bijaksana untuk investasi. 

Untuk pemula, saran saya selalu investasikan satu saham terlebih dahulu, yaitu belilah saham2 yang punya fundamental kuat dan sektornya juga bertahan dalam jangka panjang, 

Disini: Ebook Analisis Fundamental Saham, kita juga sudah membahas saham2 yang layak untuk investasi jangka panjang. Setelah modal anda berkembang, anda bisa mencoba untuk diversifikasi.

6. Nabung saham 

Tidak semua dari anda memiliki modal besar untuk investasi saham. Bagi anda yang masih punya modal kecil, anda bisa menggunakan strategi nabung saham. Pelajarilah teknik2 nabung saham, agar modal anda bisa berkembang secara maksimal jangka panjang. 


Itulah cara belajar investasi saham. Investor pemula - expert, analisa2 fundamental ini tetap akan selalu anda butuhkan jika anda ingin membeli saham, maupun menambah modal untuk investasi. 

Posting Komentar untuk "Analisis Fundamental: Cara Belajar Investasi Saham"